Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Penyakit Hemofilia

Pengertian penyakit hemofilia

Pengertian penyakit hemofilia

Hemofilia adalah kelainan pembekuan darah yang diturunkan ibu ke anak laki-laki. Faktor-faktor pembekuan darah di dalam plasma darah dilambangkan dengan angka romawi, contoh: Faktor VIII: Faktor Delapan dan Faktor IX: Faktor Sembilan.

Apa penyebab dari penyakit hemofilia?

Penyebab Hemofilia Hemofilia terjadi akibat mutasi genetik yang menyebabkan darah kekurangan faktor pembekuan VIII dan IX. Kekurangan faktor tersebut menyebabkan darah sukar membeku sehingga perdarahan sulit berhenti.

Hemofilia adalah penyakit peredaran darah karena faktor apa?

Pengertian Hemofilia Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pengertian hemofilia menurut dokter adalah penyakit koagulasi darah kongenital karena kekurangan faktor pembekuan VIII atau faktor IX. Penyakit ini genetik atau diturunkan dari orang tua dan bisa menyerang siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan.

Apa yang dimaksud dengan penyakit hemofilia brainly?

Hemofilia adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. Hemofilia A timbul jika ada kelainan pada gen yang menyebabkan kurangnya faktor pembekuan VIII (FVII). Sedangkan, hemofilia B disebabkan kurangnya faktor pembekuan IX (FIX).

Apa penyebab penyakit hemofilia brainly?

Jawaban: Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah akibat kekurangan faktor VII dan IX. Saat mengalami hemofilia, perdarahan akan berlangsung lebih lama. Kondisi ini merupakan penyakit keturunan yang lebih sering terjadi pada pria. Hemofilia disebabkan oleh mutasi genetik.

Apakah penyakit hemofilia itu berbahaya?

Penyakit hemofilia adalah kondisi kekurangan partikel darah yang bertugas untuk membekukan darah. Akibatnya, orang dengan kondisi ini akan cenderung mudah mengalami perdarahan yang sulit dihentikan. Kondisi langka ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Apakah penyakit hemofilia bisa menular?

Penyakit hemofilia bukan termasuk penyakit menular, melainkan kelainan yang diturunkan dari orangtua pembawa sifat hemofilia.

Apakah hemofilia merupakan penyakit keturunan?

Dilansir dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) penyebab hemofilia berasal dari mutasi gen yang mengontrol produksi protein faktor pembeku darah. Mutasi genetik ini umumnya terjadi karena faktor keturunan.

Apakah penyakit hemofilia dapat dicegah?

Khusus untuk hemofilia, pada beberapa kasus bisa juga muncul terkait kehamilan, gangguan autoimun, kanker, multiple sclerosis, dan efek samping pengobatan tertentu. Karena itu, kedua kondisi ini belum bisa juga dicegah 100% kemunculannya.

Bagaimanakah sifat hemofilia diturunkan?

Hemofilia Penyakit yang Diturunkan oleh Ibu Jenis kelamin seseorang terkait dengan pasangan kromosom yang diwarisi oleh orangtuanya. Pada bayi laki-laki, pasangan gen XY terdiri dari kromosom X diwarisi dari ibunya dan kromosom Y dari ayah.

Apa yang harus diwaspadai oleh penderita hemofilia?

Gejala Hemofilia berat yang perlu diwaspadai adalah pendarahan di dalam tengkorak kepala atau pendarahan intrakranial. Gejala pendarahan intrakranial antara lain leher kaku, muntah, terlihat linglung, kesulitan bicara, penglihatan ganda, lumpuh pada sebagian atau seluruh otot wajah.

Mengapa penyakit hemofilia tidak bisa disembuhkan?

Karena Hemofilia memiliki masalah di dalam gen yaitu kromosom X. Ketika kromosom telah terkena, belum ada cara lain untuk mengembalikan seperti semula.

Mengapa hanya laki-laki yang menderita hemofilia?

Ketika kromosom X pada wanita hilang, wanita masih memiliki satu gen kromosom X untuk proses pembekuan darah. Berbeda dengan pria, ketika kromosom X pada gennya menghilang, hal ini menyebabkan faktor pembekuan darah juga ikut menghilang. Inilah sebabnya, para pria rentan mengalami kondisi hemofilia dibandingkan wanita.

Mengapa wanita yang menderita penyakit hemofilia meninggal saat dilahirkan?

Wanita hemofilia meninggal saat dilahirkan karena hemofilia pada wanita bersifat letal (penyebab kematian). Hal ini dikarenakan hemofilia tertaut pada kromosom X. Hemofilia yang menyebabkan letal/meniggal mempunyai genotipe resesif homozigot (XhXh).

Apakah ada perempuan yang menderita hemofilia?

Berbeda dengan laki-laki yang mendapatkan penyakit Hemofilia karena genetik atau keturunan, maka wanita penyandang hemofilia mendapatkan penyakit ini dikarenakan adanya mutasi gen yang terjadi saat dia dewasa. Hemofilia ada tingkatannya yaitu ringan, sedang dan berat.

Apa perbedaan hemofilia A dan B?

Perbedaan hemofilia A dan B terletak pada faktor pembekuan yang hilang atau rendah dan cara pengobatannya. Pada hemofilia A, mutasi gen menyebabkan faktor pembekuan VIII bermasalah. Sementara, hemofilia B faktor pembekuan IX-lah yang terdampak.

Apa saja faktor pembekuan darah?

Faktor koagulasi (faktor pembekuan)

  • Faktor I: Fibrinogen.
  • Faktor II: Protrombin.
  • Faktor III: Trombokinase.
  • Faktor IV: Kalsium.
  • Faktor V: Proakselerin.
  • Faktor VII: Prokonvertin.
  • Faktor VIII: Plasmokinin.
  • Faktor IX: Protromboplastin beta.

Jika pria hemofilia menikah dengan wanita normal bagaimana kemungkinan anak anaknya?

Jawaban: Perkawinan antara wanita normaldengan lelaki hemofilia akan menghasilkan anak perempuan normal carrier dengan genotip XhX. Perkawinan anatara wanita normalcarrier dengan laki-laki normalmenghasilkan anak dengan persentase normal sebesar 75%.

Apa yang dilakukan untuk mencegah penyakit hemofilia?

Pencegahan Penyakit Hemofilia Karena penyakit hemofilia muncul karena faktor keturunan, hingga saat ini tak ada cara untuk mencegahnya. Bila dalam garis keturunan keluarga ada riwayat hemofilia, sebaiknya dilakukan tes untuk mengetahui apakah ada gen yang terbawa.

Bagaimana hemofilia dapat menyebabkan kematian?

Komplikasi hemofilia lainnya adalah perdarahan internal mendalam dapat terjadi di dalam otot sehingga menyebabkan pembengkakan dan menekan saraf. Akibatnya penderita akan mengalami mati rasa. Namun hal yang membahayakan terjadi jika perdarahan tersebut terjadi pada area otak.

11 Pengertian penyakit hemofilia Images

Pin on Obat Kutil Kelamin

Pin on Obat Kutil Kelamin

Pin di gambar crazy

Pin di gambar crazy

Poster Penyakit Sistem Reproduksi  Sistem reproduksi Penyakit Pendidikan

Poster Penyakit Sistem Reproduksi Sistem reproduksi Penyakit Pendidikan

hemofilia Apps Lululemon Logo Mario Characters Fictional Characters

hemofilia Apps Lululemon Logo Mario Characters Fictional Characters

Pin on TUGAS SEKOLAH

Pin on TUGAS SEKOLAH

ataxiaimagegif 507252 Muscular Dds Health Tips Nervous System

ataxiaimagegif 507252 Muscular Dds Health Tips Nervous System

Pin en Nutrinext Indonesia

Pin en Nutrinext Indonesia

Pin di Infografis CNN Indonesia

Pin di Infografis CNN Indonesia

Pin di Annise Herbal

Pin di Annise Herbal

kanker kulit karsinoma penyakit kista obat herbal obat kanker obat

kanker kulit karsinoma penyakit kista obat herbal obat kanker obat

Post a Comment for "Pengertian Penyakit Hemofilia"